Hari libur selalu jadi momen yang dinanti oleh setiap anggota keluarga untuk berkumpul, bercanda dan bermain bersama. Hari libur jadi jeda yang mengasyikan dan fresh di tengah segala rutinitas bekerja dan juga sekolah.

Sayangnya, akhir pekan yang cuma dua hari tak memungkinkan untuk liburan ke luar kota. Akhirnya, hari libur hanya bisa dimanfaatkan untuk main ke destinasi wisata terdekat dari rumah atau malah hanya santai-santai di rumah.

Aktivitas di hari libur yang begitu-begitu saja tentu akan sangat membosankan dan tidak bisa jadi ajang refreshing. Apalagi bagi anak-anak, yang selalu membutuhkan pengalaman-pengalaman baru agar lebih semangat dalam beraktivitas. Iya kan Sahabat Caping?

Biar hari liburnya semakin seru, bagaimana kalau Sahabat Caping mengajak anak-anak menikmati alam bebas, berkemah misalnya? Kalau belum pernah mengajak anak-anak untuk berkemah atau camping, aktivitas luar ruang ini seru juga untuk dicoba.

Berkemah memang memiliki banyak tantangannya, seperti berhadapan dengan udara dingin, kenyamanan tidur dan persiapan yang ribet, tetapi mengenalkan anak dengan alam bebas sejak dini sejatinya punya banyak banget manfaat loh.

Sahabat Caping masing ingin tahu apa saja manfaat mengajak anak untuk camping? Yuk simak artikel 5 Manfaat Mengajak Anak Camping di Alam Bebas berikut ini.

 

camping keluarga baturraden

Sumber: blueforest.com

Mengajak camping berarti mengenalkan anak-anak semakin peduli dengan alam.

Dengan mengenalkan anak-anak kepada alam dan lingkungannya sejak dini akan membuat mereka semakin interest dengan berbagai hal tentang alam dan lingkungannya. Rasa ingin tahu anak-anak akan membuat momen camping menjadi media belajar yang seru.

Begitu banyak hal yang bisa dipelajari anak ketika sedang camping. Mulai dari belajar mengenai rotasi bumi, jenis dan nama binatang dan jenis tumbuhan, cara membuat api unggun, cara bertahan di alam dan banyak lagi yang bisa dipelajari anak-anak ketika camping.

Dengan pola belajar secara langsung tentu membuat anak-anak lebih mudah mengerti, menyerap dan juga mengingat. Metode belajar ini akan jauh lebih menarik bagi anak-anak daripada mereka sekedar baca dari buku.

Ketertarikan dengan alam itu pada akhirnya akan merangsang anak-anak untuk lebih peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Sahabat Caping tentu akan merasa bangga jika melihat anak-anak menjadi anak yang peduli dan cinta dengan lingkungan, bukan?

 

Sumber: activekids.com

Camping akan membuat anak semakin aktif dan sehat lho.

Melakukan aktivitas luar ruang akan membuat membuat anak bebas melakukan sesuatu. Dengan melakukan hal baru di tempat yang seru, anak lebih aktif dan bersemangat. Mereka pasti ogah bermalas-malasan karena banyaknya spot menarik yang harus dijelajahi.

Tidak hanya itu, dengan melakukan banyak aktivitas outdoor, membuat ketahanan fisik anak-anak juga akan semakin baik. Interaksi dengan udara yang dingin atau panas, sengatan matahari hingga keringat saat membuat tenda, membuat fisik anak akan tahan terhadap sakit.

Berlarian di lapangan yang luas, membantu memasak hingga mengaduk atau memotong bahan makanan menjadi aktivitas yang dapat melatih motorik halus anak. Tidur dalam tenda tanpa ranjang, dapat melatih daya adaptasi terhadap lingkungan dan cuaca.

Tidak hanya dari sisi anak, orang tua pun dapat memperoleh banyak manfaat, seperti: waktu berkualitas, menguatkan bonding bersama keluarga, lebih mengerti pribadi anak, melatih kesabaran dan toleransi terhadap anak dan keluarga.

 

Sumber: survivemastery.com

Camping bisa menjadi cara seru menjauhkan anak dari gadget.

Setiap anak sudah tidak bisa lepas dari teknologi informasi. Dari bangun tidur sampai tidur lagi smartphone tidak bisa lepas dari genggaman. Bahkan anak yang baru berusia 3 tahun sudah berkenalan dengan gadget.

Jika Sahabat Caping mengkhawatirkan ketergantungan gadget itu dan ingin menjauhkan anak-anak dari gadget, terutama smartphone, camping bisa menjadi cara seru untuk untuk menjauhkan mereka dari teknologi zaman now.

Lokasi camping serta aktivitas camping yang banyak akan membuat anak-anak tidak fokus dengan gadget mereka. Anak akan lebih disibukkan dengan aktivitas seperti mendirikan tenda, menyiapkan api unggun sampai menjelajah spot kece di sekitar lokasi camping.

 

camping keluarga caping park

Sumber: EcoParent.co

Berinteraksi selama camping menjadikan anak lebih percaya diri.

Mengajak anak untuk camping dan berinteraksi dengan orang-orang baru yang juga sedang camping di lokasi yang sama, akan membuat anak-anak belajar mengenal hal baru dan cara bersosialisasi. Pengalaman berinteraksi ini akan membuat anak-anak lebih percaya diri.

Interaksi dengan orang baru tersebut juga akan membuat anak-anak memiliki teman-teman baru. Hal-hal ini memang kadang sepele bagi orang dewasa, namun bagi anak-anak, berkenalan dengan teman baru menjadikan mereka memiliki pengalaman yang tak terlupakan.

 

family camp caping park

Sumber: pleinevie.fr

Yang paling menyenangkan, camping bisa menghilangkan stres anak.

Dunia anak kadang nggak seindah yang dibayangkan orangtua loh. Mereka juga merasa tertekan bahkan juga stres dalam menghadapi aktivitas rutin mereka. Mereka bisa saja mengeluh akan suatu hal, entah PR yang bikin pusing atau bully-an teman-teman.

Mengajak anak untuk camping akan memberikan waktu bagi anak-anak untuk menyegarkan pikiran mereka. Dan juga membantu mereka melepaskan bebannya melalui berbagai aktivitas luar ruang yang asyik bersama keluarga.

Bukan hanya untuk ajang mengekspresikan diri bagi anak-anak, buat orang tua, camping juga sangat bermanfaat untuk membangun kedekatan yang berkualitas dengan anak. Camping bisa menciptakan momen interaksi keluarga yang intim dan asyik.

Itulah 5 Manfaat Mengajak Anak Camping di Alam Bebas yang perlu Sahabat Caping ketahui. Dengan banyak manfaat seperti itu, sudah tentu camping bisa menjadi pilihan yang asyik untuk menikmati quality time di hari libur.

Sekarang ini, Sahabat Caping tidak perlu jauh-jauh kalau ingin camping. Sebab, Sahabat Caping bisa banget camping bersama keluarga di Caping Park. Destinasi wisata hits yang ada di Purwokerto ini punya camping ground yang seru buat family camp.

Hayuk ah, camping bareng keluarga di Caping Park.