7 Fakta Unik Kekayaan Alam Indonesia yang Luar Biasa

World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran akan kebutuhan untuk mengambil tidakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan Bumi.

Hari Lingkungan Hidup sudah diperingati secara global sejak tahun 1972 silam dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB. Nah tahun ini, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 ialah “Connect with Nature” dan akan dirayakan di Kanada.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 ini memiliki misi untuk mengajak penduduk bumi berinteraksi dengan alam, mengenali, dan menikmati keindahan alam sehingga tergeraklah keinginan untuk melindungi bumi.

Biar Sahabat Caping semakin semangat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 ini, yuk simak kekayaan alam indonesia yang luar biasa keren ini!

Hayo, siapa yang tahu jumlah pulau yang ada di Indonesia?

Tahukah Sahabat Caping kalau Perserikatan Bangsa-Bangsa resmi mencatat bahwa Indonesia memiliki 16.056 pulau? Banyak banget kan! Jumlah pulau di Indonesia itu sudah dibahas di Sidang ke XI The United Nation Conference On Standardization Of Geographical Names di New York, tahun 2017 lalu.

Data Jumlah pulau ter-update tersebut terdiri dari 13.466 pulau yang sudah terdaftar dan 2.590 pulau baru yang sudah terverifikasi sampai tahun 2016 kemarin. Jumlah pulau di Indonesia ini bisa berubah lagi loh, karena Pemerintah Indonesia juga sedang melakukan verifikasi lanjutan.

Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia loh.

Indonesia mempunyai keadaan alam berupa pantai yang begitu kaya dan indah. Tahukah Sahabat Caping jika Indonesia mempunyai garis pantai dengan panjang lebih dari 54 ribu kilometer?

Garis pantai sepanjang itu membuat Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Kalau nomor satunya yakni Kanada. Tidak heran jika potensi pariwisata pantai Indonesia menjadi salah satu potensi yang terus dipromosikan yah.

Hutan Indonesia merupakan paru-paru dunia yang terbesar.

Indonesia memiliki hutan terbesar di dunia yakni mencapai 133.300.543,98 ha. Karena itu, hutan Indonesia punya peranan penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia melalui proses fotosintesis tumbuh-tumbuhannya.

Hutan Indonesia juga menjadi rumah dan perlindungan terakhir bagi kekayaan dunia, seperti 12 persen spesies mamalia, 7,3 persen spesies reptil dan ampibi, serta 17 persen spesies burung dari seluruh dunia. Keren banget kan Sahabat Caping.

Sayangnya, kekayaan Indonesia bahkan dunia ini semakin menipis. Setidaknya 1,1 juta hektar atau 2% dari hutan Indonesia menyusut setiap tahun. Kalau pohon dan hutan semakin habis, dari mana dong Sahabat Caping bisa mendapatkan oksigen untuk bernapas?

Indonesia punya julukan cincin api dunia.

Indonesia berada di antara dua benua, Asia dan Australia serta dua samudera yaitu samudera Hindia dan Pasifik, karena itulah Indonesia memiliki banyak sekali gunung api. Setidaknya ada 400 gunung api yang ada di Indonesia, dari jumlah tersebut terdapat 130 gunung berapi yang aktif.

Karena itulah, Indonesia juga dijuluki sebagai cincin api dunia. Jadi, selain menawarkan keindahan alam pegunungan yang sejuk dan instagramable, Indonesia juga punya risiko bencana alam gunung meletus yang tinggi. Yuk, Sahabat Caping lebih tanggap bencana.

Kekayaan alam laut Indonesia ternyata juga keren banget.

Kekayaan itu dibuktikan dengan banyaknya spesies ikan hiu terbanyak di dunia. Ada sekitar 150 spesies ikan hiu! Selain itu ya Sahabat Caping ada juga loh ikan terkecil di dunia di Sumatera yang panjang tubuhnya 7.9 mm, transparan, dan tidak bertulang kepala.

Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah di dalam laut Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia. Benar-benar bisa banget jadi vitaminsea yah, Sahabat Caping!

Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna.

Letak geografis, kesuburan tanah serta keanekaragaman tumbuhan menjadi penyebab Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang susah ditandingi oleh negara lain di dunia. Bahkan, sampai saat ini masih ada saja spesies flora maupun fauna baru yang ditemukan di Indonesia.

Fauna seperti Komodo, Harimau Sumatra, Cendrawasih, Babirusa, Badak Bercula Satu merupakan binatang yang khas banget Indonesia. Begitu juga dengan Bunga Bangkai, Bunga Melati, Bunga Anggrek, dan Kantong Semar. Keren banget kan. Makanya, yuk jaga lingkungan kita, Sahabat Caping!

Kekayaan alam Indonesia juga dilihat dari hasil bumi yang melimpah.

Selain terkenal dengan keindahannya, Indonesia juga memiliki hasil tambang yang melimpah ruah. Seperti batu bara,minyak bumi timah, bijih emas, intan sampai dengan gas alam. Semuanya komoditas dunia itu ada di Indonesia.

Kerennya lagi, beberapa komoditas tambang itu merupakan yang terbaik di dunia. Misalnya saja nih emas dari Papua merupakan kualitas terbaik dunia sedangkan cadangan gas gas alam terbesar di dunia juga ada di Indonesia.

Sahabat Caping, semua kekayaan alam yang indah serta beraneka ragam di bumi pertiwi ini harus bisa dijaga dengan baik. Ayo lindungi dan lestarikan ragam kekayaan alam Indonesia supaya kelak generasi selanjutnya tetap bisa menikmati keindahan dan keanekaragaman kekayaan Indonesia.

Karena alam ini memang teman, inspirasi bahkan warisan dari generasi masa kini bagi generasi masa mendatang kan. Tepat seperti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018, Connect With Nature!