7 Manfaat Interaksi dengan Binatang bagi Anak-anak

Seringkali, orangtua melarang anak untuk berinteraksi dengan binatang yang disukainya. Alasannya beragam. Mulai dari alasan kebersihan sampai dengan alasan kesehatan. Tetapi, tahukah Sahabat Caping kalau interaksi dengan binatang ternyata membawa sejumlah manfaat bagi anak-anak?

Biar nggak penasaran, yuk kita ulas 7 Manfaat Interaksi dengan Binatang bagi Anak-anak.

Ketika anak-anak bermain dengan binatang, membantu membangun karakter positif anak-anak.

Bermain dan bersenang-senang dengan binatang yang lucu membuat anak-anak belajar menjadi sosok dengan karakter yang positif. Aktivitas seperti mengelus bulu, merawat sampai memberi pakan membuat anak belajar tentang rasa tanggung jawab & kepercayaan diri.

Polah lucu binatang yang disukai akan membuat anak-anak menjadi lebih aktif.

Ketika anak berinteraksi dengan binatang, seperti kelinci, kambing ataupun ayam, anak-anak pastinya akan ikut bergerak dengan lebih aktif. Apalagi kalau kelincinya berlari kesana-kemari. Hal ini tentu jauh lebih bermanfaat buat anak-anak dibandingkan mereka cuma asyik bermain gadget.

Ketika anak-anak stres, berinteraksi dengan binatang bisa menjadi mood booster kece loh.

Loh jangan salah, Sahabat Caping. Anak-anak juga bisa stres dengan rutinitasnya loh. Ya, meskipun tingkat stresnya nggak kayak stres orang dewasa sih. Ketika stres, berinteraksi dengan binatang yang lucu dan menggemaskan akan membuat mereka lebih fresh dan bersemangat keesokan harinya.

Melatih rasa empati sejak dini itu mudah kok, salah satunya dengan interaksi dengan binatang.

Sahabat Caping, interaksi yang baik antara anak-anak dan binatang bisa membantu menumbuhkan rasa empati loh. Dengan membuat anak menyayangi binatang, sama saja orang tua sedang mengajari anak-anak akan pentingnya rasa saling menyayangi dan menghargai sesamanya.

Interaksi dengan binatang membuat anak-anak punya semangat belajar yang tinggi.

Interaksi dengan binatang bukan hanya tentang serunya bermain loh, tetapi juga bisa merangsang semangat belajar anak. Interaksi dengan binatang akan membuat rasa ingin tahu anak terus tumbuh. Apalagi kalau main bareng binatangnya didampingi ahlinya, pasti seru ya Sahabat Caping.

Membangun keakraban keluarga dengan bermain bersama binatang seru juga.

Tahukah Sahabat Caping kalau banyak keluarga yang memanfaatkan momen bermain bersama dengan binatang sebagai sarana untuk membangun ikatan keluarga? Suasana santai dan interaktif bakal seru banget untuk menikmati kebersamaan dan berkomunikasi satu sama lain.

Binatang yang tepat bisa membantu mengurangi risiko alergi anak.

Banyak ahli kesehatan yang menyebutkan kalau interaksi dengan binatang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Anak-anak-yang berinteraksi dengan binatang lebih mampu menangkis alergi dan infeksi seperti pilek dan flu.

Ternyata memang banyak yah manfaat interaksi anak dengan bintang yang lucu dan menggemaskan, Sahabat Caping. Meskipun begitu, aktivitas anak dengan binatang kesukaan tetap harus dalam pengawasan orang tua loh.

Biar semakin mudah dalam mengenalkan binatang dengan anak-anak namun nggak merepotkan orang tua, ajak anak-anak ke Caping Park aja. Karena di destinasi wisata yang hits di Baturraden ini, ada interactive farming yang membuat anak-anak semakin seru bermain dengan binatang kesukaannya.

Ada kelinci, sapi, kambing, ikan dan ada juga ayam yang asyik untuk diajak bermain bersama. Sahabat Caping bisa memberi pakan sampai selfie kece bareng mereka. Tenang aja, ada kakak-kakak yang mendampingi kok.

Seru kan berinteraksi dengan binatang di Caping Park.